EKSPOR UMKM MUDAH BAGIAN IV

Kawan-kawan banyak diantara kita mungkin belum mengetahui atau memahami seluk beluk tentang Ekspor-Impor. Bagi kawan2 yang sudah ahli/pelaku Ekspor-Impor pasti sudah faham bahkan sudah ngelontok…heee…

 

Disini saya mencoba menuliskan berdasarkan pengalaman dan referensi dari mastah/master Ekspor-Impor serta referensi dari berbagai media. Sekali lagi tidak bermaksud menggurui atau merasa ahli, tidak lain dan bukan hanya sekedar berbagi informasi, jika ada yang keliru mohon dikoreksi.

 

Kali ini saya membahas terkait terkait dengan larangan dan jika melakukan ekspor (LARTAS), kawan2 yang akan mengetahui ekspor-impor wajib produk LARTAS Ekspor-Impor, pasti bermasalah di clerence Bea Cukai (BC-INA) Bea Cukai Negara Tujuan Ekspor/ Negara Asal Impor BC-NTE/NAI. Untuk mengetahuinya kawan2 dapat klik https://intr.insw.go.id/ yang sudah disempurnakan ver 5.0, link tersebut tidak hanya berisi informasi LARTAS namun juga informasi lain seperti : Kode HS, daftar pedagang resmi, kurs, regulasi, aturan asal, simulasi perdagangan, juga dapat kita ketahui masuk ke NTE 0% khusus yang ada Free Trade Agrement (FTA).

 

Demikian sedikit informasi bagi kawan2 yang belum mengetahui dan memahami seluk beluk Ekspor-Impor, sampai bertemu di pembahasan berikutnya. Thanks for sharing discussion all master expert export-import.

 

 

 

Sejalan dengan komitmen Indonesia pada inisiatif ASEAN Trade Repository (ATR) sebagaimana tertuang pada The 41st Meeting of the ASEAN Economic Ministers (AEM) yang diselenggarakan pada 13-14 Agustus 2009 di Bangkok, Thailand dan bagian dari upaya untuk mempromosikan transparansi dan prediktabilitas di ASEAN , ASEAN perlu mengembangkan ASEAN Trade Repository (ATR) dan menyepakati bahwa ATR akan menjadi repositori yang dinamis dan otoritatif dan titik referensi tunggal, memberikan informasi terkini dan akurat tentang semua tindakan tarif dan non-tarif yang diterapkan di barang yang masuk, keluar dan transit suatu negara.

Untuk memenuhi inisiatif ini, Indonesia telah mendirikan The Indonesia National Trade Repository, yang dikenal sebagai INTR adalah repositori berisi aturan dan peraturan perdagangan melalui portal Indonesia National Single Window (INSW) yang ada. Informasi dalam INTR adalah tentang kode HS, peraturan yang dikeluarkan oleh GA terkait dengan izin izin impor atau ekspor, nilai tukar, aturan asal dan juga simulasi perdagangan.

Repositori ini sebagai referensi tunggal bagi trader untuk menemukan informasi terkait prosedur impor & ekspor dan akan memungkinkan akses trader lebih mudah dan kepatuhan yang lebih baik terhadap peraturan yang ditentukan, mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk setiap transaksi. peningkatan ini akan membantu membantu biaya perdagangan. Pengembangan INTR akan berintegrasi dengan NTR negara anggota ASEAN lainnya untuk mendukung data dan informasi ASEAN Trade Repository.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *