Kewirausahaan

Kewirausahaan

Assalamualaikum salam sejahtera buat kita semua semoga sehat. Berjumpa kembali dengan kami yang selalu semangat dan optimis menatap masa depan yang lebih baik.

Tau gak sihh!!!Kawan2, atau mungkin sudah ada yang pernah mengalami atau memulai bisnisnya dengan cara cara yang unik dan aneh namun bisnisnya bisa jalan bahkan berkembang pesat dan besar. Kali ini mimin mau bagi2/sharing informasi terkait seluk beluk “KEWIRAUSAHAAN”.  Sebelumnya mimin mau cerita nih bahwa jika memmulai usaha itu gampang2 sulit..nah lohh…jadi masing2 memiliki sudut pandang berbeda beda, namun apapun sudut pandang itu kunci utamanya pada niat kita masing2. Jika niat kita usaha sebagai sampingan yaa..pendapatannya juga sampingan, jika niat kita usaha sebagai prioritas utama yaa..insyallah pendapatannya juga prioritas utama. Kenapa niat sebagai faktor utamanya? Karena usaha bisa jalan atau tidak bergantung pada kita sendiri, sedangkan produk adalah obyek. Aktor utamanya terletak pada orang/manusia yang menjalankan.

Sebagai contoh: sebuah perusahaan yang besar dan mempunyai sistem yang bagus dan SOP yang baik, tapi jika personil/manusia nya tidak menjalankan sistem tersebut bisa dipastikan usaha/bisnis tidak akan berjalan dengan baik. Sebaliknya jika usaha sederhana dan mungkin belum memiliki sistem bahkan hanya dikerjakan sendirian namun usaha tersebut dilakukan secara konsisten dan komitmen insyallah bisa berjalan dengan baik bahkan mengalahkan perusahaan besar yang memiliki sistem yang bagus tapi tidak dijalankan dengan baik.

Diakui atau tidak, disadari atau tidak kawan2 yang menjalankan bisnis pasti ada kejenuan atau males bergerak (MAGER)heee..hal ini sangat wajar sekali dialami dan perlu refresh sejenak, setelah itu fokus lagi ke bisnis. Hal lain yang mempengaruhi psikologi kawan2 dalam bisnis adalah faktor persaingan, disini dituntut kedewasaan dan kejernihan dalam berfikir secara logis. Intinya ‘KEWIRAUSAHAAN” itu bagaimana kita bisa melakukan inovasi dan memiliki kreativitas serta menerapkan strategi pemasaran yang jitu. Jika kawan2 dapat mengkolaborasikan antara inovasi, kreativitas, dan strategi pemasaran serta yakin insyalaah bisnis kawan2 dapat berjalan dan berkelanjutan.

 

Salam Sehat Semangat

Gummi-Helmy Syarief

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *