RAHASIA SUKSES BISNIS ONLINE Part 1

Ponsel telah mengubah banyak hal termasuk bisnis dunia. Peran ponsel saat ini sama seperti ruko dan kantor. Mungkin lebih. Zoom misalnya fungsinya bahkan seperti pusat konvensi. Dan tahun 2020, hampir seluruh dunia dilock down karena wabah COVID yang melanda, bahkan sampai sekarang terancam terancam, menyebabkan banyak orang berdiam di rumah atau menjalankan usaha dari rumah. Keterampilan Makanya BISNIS ONLINE DARI RUMAH mutlak dan wajib anda kuasai khususnya saat pandemi seperti ini. Saya akan berbagi tips MEMULAI BISNIS ONLINE DARI RUMAH.

 

buat temen-temen yang bersedia mengunjungi situs web saya ini dan semoga dapat diterapkan dan dagangannya laris manis.

 

Kita harus jeli memilih bisnis apa yang potensial untuk dijalankan terutama di tengah wabah virus Corona ini dan dilakukan secara online. banyak bisnis di luar sana yang pilihannya bukan untung atau tumbuh, tapi antara hidup dan tidak hidup. pilihannya bertahan atau tidak bertahan alias gulung tikar (maaf). Misal ada penyelenggara penyiangan, perjalanan bisnis, sewa mobil, jasa guide, perhotelan, penerbangan, nyaris turun dan berkurang, begitu juga tempat wisata tutup sampai sekarang walau masih ada yang buka tapi omset menurun jauh. Dan bisnis lain yang berdampak banyak akibat pandemik ini.

 

Banyak yang kehilangan pekerjaan.

Banyak yang pendapatan menurun.

Nah kita perlu solusi dari ini semua …

Cari dan temukan bisnis yang tepat

Sepakat ya kawan2 ?? ok kita lanjut ……

 

cari bisnis yang pakai sistem dan online -able, bisa dilakukan secara online. Tapi detail memulai bisnis dari rumah ini adalah sebagai berikut…

Sedikit wawasan buat teman-teman ..

Jadi jual beli online di Indonesia pertama kali dimulai pada tahun 1994, ketika Indosat menjadi penyedia layanan internet pertama di Indonesia. Hanya saja saat itu penjual online belum terlalu banyak. Sampai akhirnya, tahun 1999 forum jual beli Kaskus muncul. Nah, dari sana mulai banyak orang yang melek jual beli online. Setelah itu, perkembangan dunia online terus meningkat, sampai seperti yang teman-teman rasakan sekarang.

Media yang bisa digunakan untuk memasarkan produk secara online itu ada 3 pada umumnya….

Apa aja tuh medianya?

1. Media Sosial (Fb / IG / WA / youtube / Tiktok)

2. Marketplace (Lazada / Shopee / Tokped / Bukalapak / Blibli / jD.ID)

3. Website (Website Personal Branding / Website LBO)

 

Ketiga media ini biasanya banyak di gunakan oleh kalangan umum masyarakat dunia dalam memasarkan produknya. Tapi teman-teman juga harus paham masing-masing karakter dari media tersebut dan juga karakter dari masing-masing karakter dari barang / produk yang ingin dipasarkan. Kalau kita salah mengira masing-masing-masing-masing-masing-masing-masing-masing-masing biasanya akan banyak hal dalam proses penjualannya. Karena, bisnis online krisis sewaktu-waktu. Tapi bisnis online adalah MASA DEPAN

Menurut saya, setiap pengusaha perlu membekali dirinya dengan skill bisnis online untuk kemajuan bisnisnya. Apalagi, dalam bisnis online ada Sukses-sukses. Masalahnya, walaupun potensinya besar faktanya jualan online bukan hanya posting terus dapat pembeli. Karena potensinya besar, seharusnya dapat pembeli didunia online jadi lebih mudah. Tapi ternyata masih ada yang kesulitan dapat pembeli.

 

Koq bisa ?? Mungkin karena cara jualan onlinenya masih salah. Harusnya seperti apa?Nah, teman-teman boleh catat ini ya, karena ini penting banget.

 

Ada rambu rambu yang harus teman teman patuhi lebih baik lebih mudah membeli pembeli.

Kalau teman-teman paham hal ini, insyaAllah jualan onlinenya akan semakin mudah dapat pembeli.  Saya sebut rambu-rambu, karena fungsinya seperti rambu-rambu. Kalau ditabrak, pasti bermasalah. Tapi kalau diikuti, maka jualannya akan baik-baik saja. ?

 

Jadikan 4 rambu-rambu ini mindset ya teman-teman.

 

Tanam diotak, diingat-ingat, kalo perlu dihafalkan. Mengapa koq ada yang mudah dapat pembeli didunia online? Karena sesuai urutan yang tepat. Dan kenapa koq ada yang sulit dapat pembeli, padahal produk yang dijual sama, harganya pun sama? karena tidak melakukan urutan dengan tepat. Padahal, urutan jualan di dunia online itu cuma 2. Tapi kalau 2 terbalik-balik, pasti hasilnya kacau. ?

 

Nah buat teman-teman yang ingin jualan onlinenya laris manis. Tembus orderan sampai ratusan bahkan ribuan, maka lakukan urutannya dengan tepat. Dalam jualan online, siap rumus

 

TRAFFIC/LALU LINTAS DULU, KONVERSI KEMUDIAN

Ya urutannya.

  1. Lalu lintas / lalu lintas
  2. Konversi

 

Apa itu Lalu lintas dan apa itu konversi? ?

Mudahnya, lalu lintas adalah calon pembeli potensial yang datang ke bisnis online kita.

Sedangkan konversi adalah mengubah aktivitas lalu lintas atau calon pembeli, jadi membeli.

Jadi simplenya, jualan online itu prosesnya ada calon pembelinya dulu, baru bisa pembeli. Nah kalau jualannya bermasalah, artinya urutannya salah. Harusnya kalau mau dapat pembeli, trafficnya / lalulintasnya diperbanyak dulu.

Kalau jualannya di sosmed, maka followernya diperbanyak.

Kalau jualannya di WA, maka kontak WAnya diperbanyak.

Kalau jualannya di web, maka kunjungan webnya diperbanyak.

 

Datangkan dulu calon pembelinya, baru jadi transaksi. Jadi kenapa jualan online sulit dapat pembeli? Atau hasilnya gak besar? Biasanya karena macet di lalu lintas. Kesimpulannya, perbanyak dulu calon pembelinya, baru akhirnya bisa pembeli.

Ingat selalu mindset barusan ya.

Traffic dulu, setelah itu Konversi.

Jangan terbalik, jangan dibalik, hehe.

 

RAMBU KEDUA jualan online yang adalah:

Kalau mau hasil jualannya banyak, maka JANGAN SPAM *

Apa itu spam? Mengirim Pesan yang Mengganggu Orang. Spam adalah promosi tanpa etika. Maunya cepat, maunya mudah, gak mau ikuti proses. ? Karena memang, jualan perlu adab. Ada akhlaknya, hehe. Karena seperti kata Pak Hermawan Kartajaya: People MEMBELI Anda, BUKAN produk Anda. Kata Digital Marketing Society: Orang tidak membeli produk Anda, mereka membeli TRANSFORMATION

 

RAMBU KETIGA tentang penjualan itu sendiri.

 

Jadi jualan itu penting banget teman-teman dalam perjalanan sebuah bisnis. Jualan berbanding lurus dengan pertumbuhan bisnis. Biasanya saat penjualannya bagus, maka bisnis akan semakin besar. Koq bisa? Karena jualan keuntungan. Jadi, semakin besar penjualannya, maka semakin besar bisnisnya. Nah, dari sini kita jadi belajar bahwa salah satu alasan bisnis tidak tumbuh, adalah karena sepi orderan.

Jadi buat teman-teman. . .

Yang sudah terjun ke dunia bisnis, Yang ingin bisnisnya sukses, Yang bisnis penuh waktu, Maka teman-teman gak punya pilihan. Jualannya harus lancar selancar lancarnya atau bisnisnya jalan ditempat. Ingat, bisnis sulit berkembang, ketika penjualannya bermasalah

 

Sekarang rambu-rambu yang terakhir. Ga kenal pembelinya

 

Jadi penyebab kebanyakan jualan online gagal, karena penjualnya gak kenal pembelinya. Ya, kalau kita sebagai penjual gak tau kesukaannya calon pembeli, gak tau apa masalah mereka, gak tau cara komunikasi ke mereka, maka kita akan sulit membuat mereka membeli produk kita. Banyak penjual online pemula hanya mikir menutup penutupan doang. Akhirnya jualannya seperti ngejar-ngejar setoran. Cuma modal posting posting. Padahal kalau mau penutupan, wajib tau siapa calon pembeli produknya. Kalau kita kenal calon pembeli kita,  MAKA…..Kita akan mudah komunikasi ke mereka, Penjual yang gak kenal calon pembelinya, sulit dapat dipesan karena gak tau cara komunikasi yang tepat

 

Nah, caranya gimana?

 

simak terus bahasannya di artikel berikutnya ..

sampai jumpa salam sukses bersama

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *