SUKSES STORY UKM NAIK KELAS MELALUI COOPERATIVE TRADING HOUSE PROVINSI JAWA TIMUR BAGIAN I

Peningkatan jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Negara kita semakin tahun semakin meningkat seiring dengan perkembangan dunia usaha dan persaingan bisnis yang ketat. Provinsi Jawa Timur sebagai salah satu Provinsi dengan jumlah penduduk yang besar dan jumlah unit usaha yang juga besar serta beragam, menjadikan Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi yang jumlah pendapatan daerah nya yang cukup besar pula.

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur sebagai Pembina dalam memberdayakan dalam rngka membantu Usaha Kecil dan Menengah untuk naik kelas berupaya memberikan program program pemberdayaan dan mengawal program tersebut sehingga tepat guna dan tepat sasaran. Salah satu program unggulan yang di launching sejak 5 tahun lalu sampai saat ini memberikan kontribusi atas kemajuan dan keberhasilan dalam membina dan memberdayakan Usaha Kecil Menengah sehingga bisa naik kelas.

Cooperative Trading House (CTH) Produk UKM Jawa Timur adalah program dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur yang berdiri dan beroperasional tangga 7 Juli 2015 dan diresmikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur. CTH Jawa Timur bertujuan membantu menjembatani produk UKM mempertemukan dengan Buyer potensial sehingga mampu bersaing di pasar Global. Program CTH Jatim ini sejak awal berdiri konsisten memfasilitasi dan mendampingi UKM naik kelas terutama UKM yang berorientasi Ekspor. Beberapa UKM Binaan CTH Jawa Timur yang saat awal bergabung masih belum memiliki kapabilitas dari sisi standar produk dan standar SDM UKM yang bersangkutan, setelah melalui proses pembinaan dan pendampingan terutama di proses akses pemasaran dan standarisasi produk dan SDM, setelah 2-3 tahun berjalan dengan pembinaan dan pendampingan yang intens pada akhirnya dapat memiliki standar produk dan standar SDM, bahkan ada beberapa UKM binaan CTH Jawa Timur saat ini sudah bisa Ekspor. Hal ini menunjukkan bahwa keberadaan CTH Jawa Timur dibutuhkan oleh UKM Jawa Timur pada khususnya dan UKM Se-Indonesia pada Umumnya. Harapannya Provinsi lain bisa mengadopsi program ini sehingga UMKM Indonesia unggul dan Indonesia Maju.

Cerita terkait UKM Binaan CTH Jawa Timur yang telah di bina dan di dampingi CTH Jawa Timur hingga saat ini bisa Ekspor akan di bahas di bagian 2 Sukses Story, demikian sedikit sharing pengalaman sejarah berdirinya Cooperative Trading House Jawa Timur, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kemajuan bersama.

 

Salam UKM Indonesia Maju dan Sukses.

 

Bersambung……….bagian 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *