EKSPOR ITU MUDAH Bag 1

Sebelum bicara Ekspor terlebih dahulu mari kita evaluasi bsinis kita yang sudah kita jalani selama ini, apakah ada peningkatan yang stabil, atau sangat meningkat secara signifikan, atau mungkin stagnan, atau bahkan menurun sampai ke titik yang tidak mampu bangkit lagi?

 

Baiklah!!… kalau kita sudah evaluasi dan mengetahui dari hasil evaluasi tersebut, yukk kita bedah salah satu kegiatan bisnis kita yang merupakan ujung tombak dari bisnis tersebut yaitu pemasaran…yaa..pemasaran. Bila kita bicara terkait pemasaran yang terbayang di benak kita adalah pembeli..sangat betul sekali karena factor utama pemasaran terletak di loyalitas pembeli. Jika pembeli loyal sudah dipastikan pemasaran kita stabil, tapi sebaliknya jika tidak loyal sudah pasti pemasaran kita akan terhambat atau terkendala. Selain factor pembeli juga dipengaruhi oleh factor lain misalnya, kualitas produk, delivery, harga, dan service.

 

Kita kembali ke strategi pemasaran… SAAT situasi seperti ini dimana kondisi pandemic yang melanda dan tidak di ketahui kapan berakhirnya. Pemasaran online menjadi satu cara yang efektif dan efisien untuk mendongkrak pemasaran. Bicara pemasaran online banyak sekali marketplace yang ada seperti shoppe, bukalapak, tokopedia, blibli, olx, dan sebagainya yang semuanya hampir sama dengan segala kelebihan dan kekurangan yang pada intinya bias membantu untuk transaksi dan komunikasi dengan pembeli.

 

Aktivitas pemasaran online tidak terlepas dari peran ekspedisi sebagai kompenen yang juga penting dalam memperlancar proses pemasaran online karena aktivitas tersebut satu rangkaian sehingga penjual dan pembeli saling di untungkan. Sebagai Penjual dapat mempromosikan produknya ke pembeli, sedangkan pembeli mendapatkan produk yang diinginkan dari penjual, disinilah peran ekspedisi agar produk dari penjual yang diinginkan pembeli sampai di tangan sehingga penjual juga mendapatkan pembayaran sesuai yang disepakati dengan pembeli.

 

Terkait Ekpedisi, banyak sekali provider yang ada misalnya : TIKI, JNE, JNT, T&T, Pos, Wahana, Kereta Api, dan sebagainya yang ke semua nya membantu mengirimkan barang dari penjual dan sampai di tangan pembeli dengan selamat sesuai yang diinginkan.

 

Sampai disini kawan-kawan sudah memahami yaa…, intinya kita sebagai penjual aktivitas yang saya uraikan diatas sudah dilakukan oleh kawan kawan disini sebagai pebisnis, jika ada perbedaan mungkin hanya dalam hal frekuensi dan intensitas nya saja.

 

Berikutnya kita bahas terkait ekspor ya….gaess…

Jika kawan kawan sudah pernah melakukan aktivitas yang saya sebutkan diatas berarti kawan kawan juga sudah bisa melakukan aktivitas ekspor, karena notabene ekpor itu sama dengan jual beli di dalam negeri hanya bedanya kita jualan ke Negara lain. Inti dari aktivitas ekspor itu adalah menawarkan suatu barang kepada calon pembeli di luar negeri. Yang perlu disiapkan oleh eksportir adalah mencari pembeli, menawarkan barang ke pembeli, deal dengan pembeli, dan menyiapkan barang yang di pesan pembeli selanjutkan di kemas/packing, berikutnya antarkan ke ekspedisi selanjutkan ekspedisi yang mengurus segala sesuatunya termasuk surat surat dan dokumen kepabeanan dan mengirimkan ke pembeli diluar negeri sesuai alamat yang dituju. Sesimpel itu!!!!!!.

 

Sampai disini dulu ya..gaess untuk pembahasan ekspor mudah volume 1, lain waktu kita lanjut ke  volume 2.

 

Salam,

UKM Ekspor Mendunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *