PENTINGKAH TEKNIK KOMUNIKASI BISNIS?

              Sejak nenek moyang kita, bahkan sejak adanya manusia pertanya di dunia, komunikasi merupakan sarana utama dalam menyampaikan dan menerima pesan dalam bentuk lisan, tulisan, gestur, wajah, suara, dan sebagainya. Artinya komunikasi merupakan sarana yang sangat penting dan menentukan dalam peradaban dan kehidupan manusia yang bersifat social. Dengan komunikasi, antar manusia satu dengan yang lain menjadikan kedua orang tersebut bersosialisasi serta bisa saling menyampaikan dan menerima apa yang dimaksud dan apa tujuan.

 

Kali ini kita akan sama sama belajar dan memahami teknik komunikasi dalam dunia bisnis, seberapa penting manfaat serta tercapainya maksud dan tujuan tertentu antar individu atau kelompok yang sedang komunikasi. Sebelum melangkah lebih jauh kita simak dan saksikan beberapa pendapat pakar komunikasi berikut ini :

Hunghess dan Kapoor

Komunikasi bisnis adalah suatu kegiatan atau usaha individu yang terorganisir untuk menghasilkan, menjual barang dan jasa dengan tujuan untuk mendapat keuntungan dan memahami kebutuhan masyarakat. Secara umum kegiatan ini ada di dalam industri dan masyarakat.

Katz

Menurut Katz komunikasi bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang bertkaitan dengan pencapaian srangkaian tujuan komersil.

Persing

Komunikasi bisnis adalah proses penyampaian arti melalui lambang-lambang yang meliputi keseluruhan unsur-unsur yang berhubungan dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik dalam bentuk tulisan, lisan, atau non-verbal yang dilakukan di dalam suati organisasi untuk membayar orang guna memproduksi jasa dan barang dengan tujuan agar mendapatkan keuntungan.

 

           Dari semua pendapat para pakar komunikasi bisnis semuanya menyatakan sangat penting komunikasi itu terutama dalam rangka mencapai tujuan yaitu mendapatkan keuntungan atau nilai komersil tertentu.

 

          Nah!…kawan2 semakin menngetahui ya…maksud dan tujuan dari komunikasi terutama dalam dunia bisnis. Ohiya..tidak ada salahnya kita ketahui juga jenis jenis komunikasi. Secara umum komunikasi di bagi menjadi 2:  KOMUNIKASI VERBAL adalah menyampaikan dan menerima pesan secara lisan maupun tulisan kepada lawan bicara sehingga penyampai pesan dan penerima pesan sama sama mencapai maksud dan tujuan yang sama. Sedangkan KOMUNIKASI NON VERBAL adalah menyampaikan dan menerima pesan bukan secara lisan maupun tulisan, melainkan dengan gerakan tubuh, mimik wajah, intonasi suara.

 

         Yuks…!!! Sekarang kita membahas seberapa penting komunikasi dalam ber bisnis, mari kita simak study kasus berikut ini:

Kasus A :

Ibu A memiliki bisnis kue kering, sehari hari berjualan di sekitar rumah nya dan menitipakan ke toko2 di sekitarnya, selama ini tidak ada kendala dalam jualannya, karena pelanggannya sudah pasti dan rutin membeli kue kering nya ibu A ini. Selama ini Ibu A ini sangat enjoy saja dengan omzet yang diperolehnya selama ini. Sehingga ibu A ini tidak merasakan kesulitan karena menganggap hasil berjualan nya sudah bisa mencukupi kehidupannya dan keluarganya.

Kasus B :

Ibu B bisnisnya sama dengan ibu A kue kering, selain berjualan dirumah dan menitipkan ke toko sekitarnya Ibu B ini setiap melakukan aktivitas diluar jualan ibu B ini membawa beberapa kue keringnya untuk di bagi2kan ke setiap orang yang ditemui dan selalu menyampaikan bahwa kue keringnya ini gurih, teksturnya lembut dan rasanya renyah serta tidak mudah mlempem. Selain itu Ibu B ini selalu menunjukkan kepada orang yang ditemuai bahwa bentuk kue keringnya bervariasi serta bentuk kemasannya yang bagus. Sehingga Ibu B ini memiliki pelanggan di mana2 tidak sebatas di sekitar rumah dan linkungannya.

 

         Dari 2 kasus diatas kita bisa belajar bagaimana pentingnya komunikasi bisnis itu baik secara verbal maupun non verbal. Kedua jenis komunikasi verbal maupun non verbal tidak ada yang mana yang paling baik atau lebih baik, yang lebih baik dan efektif adalah mengkombinasikan antara kedua nya dengan teknik yang pas dan sesuai.

 

          Komunikasi Bisnis juga dapat digunakan dalam hal negosiasi, ketika Supplier bertemu dengan Buyer, jika keduanya sama sama belum saling mengenal sudah dipastikan keduanya saling tukar menukar informasi profile. Teknik penyampaian dan penerimaan bisa berbagai cara, secara online melalui email/web atau secara offline diberikan langsung berupa hardcopy. Masing masing pihak baik supplier dan Buyer akan mempelajari dan memahami karakter dan keahlian serta pengalaman dari profile masing masing yang telah dibagikan. Selanjutnya jika supplier dan buyer memutuskan bertemu online maupun offline, mereka akan saling menilai secara gesture dan wajah serta cara berbicara dan intonasi, disinilah penentu apakah meraka akan berlanjut untuk deal atau tidak deal. Jika antara supplier dengan Buyer sudah saling kenal tetap saja diperlukan komunikasi secara intens jika mereka akan berlanjut kerjasama bisnis ataupun kerjasama yang lain.

 

          Tidak bisa dihindari dalam komunikasi itu salah satu kendala terkait dengan bahasa, karena setiap daerah memiliki bahasa daerah masing2 dan antar Negara juga memiliki bahasa Negara masing2 maka bahasa ini juga faktor penting yang perlu dikuasai, meskipun kita memiliki bahasa satu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional. Namun akan lebih mudah dan fleksibel jika sama sama memahami dan menggunakan bahasa yang sama. Oleh sebab itu komunikasi verbal dan non verbal sangat tepat digunakan jika terkendala ketidaksamaan bahasa yang digunakan. Dengan demikian maksud dan tujuan akan dapat tercapai dalam hal ini transaksi jual beli.

 

          Saling mempercayai satu dengan yang lain sangat diperlukan dalam membangun komunikasi yang efektif dan berkelanjutan. Sering terjadinya mis komunikasi disebabkan kurang memahaminya apa yang disampaikan dengan apa yang diterima, hal ini dapat dicegah dengan saling mempercayai dan meningkatkan komunkasi secara berkesinambungan.

 

Save healty dan safety

Helmy Syarief

www.mentorhelmy.com  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *